Senin, 30 April 2012

Penelitian TIndakan Kelas


UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR IPA SISWA KELAS IV MATERI RANTAI MAKANAN
MENGGUNAKAN ALAT PERAGA
DI SDN SINDANGBARANG 04 KARANGPUCUNG CILACAP







 BAB I
PENDAHULUAN
A.  Latar Belakang Masalah
Kemampuan berpikir anak terlebih siswa yang baru duduk di kelas IV SD ini dapat dikatakan memiliki pemikiran yang masih bersifat kekanak-kanakan dan juga terlebih dalam kemampuan berpikir yang bersifat imajinatif, siswa belum dapat berpikir secara maksimal terkadang hanya secara emosional saja. Bagi anak-anak corak perilaku pribadinya di hari depan dan corak tingkah lakunya sekarang berbeda. Kemampuan abstraks ini akan berperan dalam perkembangan kepribadiannya.
Berdasarkan hasil pengamatan guru IPA SD Negeri Sindangbarang 04, bahwa pembelajaran IPA masih menekankan pada konsep-konsep yang terdapat di dalam buku. Kelemahan semacam ini belum memanfaatkan penggunaan alat peraga dalam pembelajaran secara maksimal.
Mengajak siswa untuk aktif dan interaktif dengan lingkungan. Guru IPA sebagian masih mempertahankan urutan-urutan dalam buku tanpa memperdulikan kesesuaian dengan karakter anak dan lingkungan belajar siswa. Hal ini membuat pembelajaran tidak efektif, karena siswa kurang merespon terhadap pelajaran yang disampaikan. Maka pelajaran semacam ini cenderung menyebabkan kebosanan kepada siswa.
Para siswa telah memiliki kemampuan awal yang diterima di kelas sebelumnya. Kemampuan siswa ini harus digali agar siswa lebih belajar mandiri dan kreatif, khususnya ketika mereka akan mengaitkan pelajaran dengan pelajaran baru. Salah satu cara yang dapat ditempuh adalah menggunakan alat peraga.
B. Perumusan Masalah
Dari latar belakang maslah di atas peneliti menrumuskan masalah sebagai berikut:
1.      Apakah model pembelajaran menggunakan alat peraga dapat meningkatkan motivasi belajar IPA materi rantai makanan di SD Sindangbarang 04.
2.      Apakah model pembelajaran menggunakan alat peraga dapat meningkatkan pretasi belajar IPA materi rantai makanan di SD Sindangbarang 04.

 C. Tujuan Penelitian
Berdasarkan rumusan masalah, tujuan penelitian yang dilakukan di SD Sindangbarang 04 adalah:
  1. Meningkatkan motivasi belajar IPA materi rantai makanan di SD Sindangbarang 04 menggunakan alat peraga.
  2. Meningkatkan pretasi belajar IPA materi rantai makanan di SD Sindangbarang 04 dengan menggunakan alat peraga.

D. Manfaat Penelitian
1.  Siswa
a. Siswa dapat mencapai hasil yang lebih baik dalam motivasi pembelajaran ilmu pengetahuan alam sesuai tujuan yang telah ditetapkan.
b. Siswa akan lebih menyukai pembelajaran ilmu pengetahuan alam.
2. Pendidik
a. Pendidik dapat berlatih dan membiasakan melakukan penelitian untuk memperbaiki proses pembelajaran di kelas menuju arah yang baik.
b. Mendapat kesempatan mengembangkan pengetahuan dan keterampilan pribadi.
3. Sekolah
a. Meningkatkan kualitas pendidikan yang lebih baik.
b. Sekolah bisa memberikan perhatian lebih agar pembelajaran lebih baik lagi sehingga dapat mencapai tujuan pendidikan optimal mungkin.